40 trick BBM

TIPS
40 Rahasia BBM
Agan punya Blackberry hanya untuk chating? Itu mah basi. Banyak lho yang bisa Agan lakukan dengan Blackberry Messenger (BBM). Tips berikut untuk BB dengan aplikasi BBM versi 5 ke atas.
  1. Upload Foto Profile

    BBM sepertinya kurang seru kalau tidak ada foto Agan di profil. Ya, biar mudah dikenali teman-teman di BBM. Caranya: Buka My Profile > pilih kotak foto atau add foto>pilih file foto agan yang paling oke. Jika belum ada, ya foto dulu dengan pilih kamera. Sebelum dikrop, foto foto di zoom in/out )> Save.
  2. Mengganti Display Name

    Agar mudah dikenali teman, Agan bisa mengganti display name agan sesuai keinginan. Seperti menambahkan emoticon dan simbol-simbol unik. Caranya: Buka My Profile> tulis Display Name yang berada di sebelah kotak foto> tekan tombol Menu () Save
  3. Memunculkan Simbol-simbol Unik Blackberry
    Untuk mempercantik Display Name Agan-agan semua, bisa ditambahkan simbol-simbol unik Blackberry. Agan bisa mendapatkannya dengan mengunjungi situs http://missgadget.info/wp-content/uploads/data/simbol-BBM.txt. Salin seluruh simbol dan paste diaplikasi memo agar bisa digunakan kapan pun Agan mau. Atau juga bisa dipaste lewat Auto Text.
  4. Membuat AutoText
    BBM-an gak asik kalo Agan gak menggunakan Auto text. Ada beberapa cara menggunakan Auto text. Manual atau otomatis. Kalau otomatis, auto text dimunculkan lewat aplikasi yang terhubung dengan BBM seperti fancychar (link aplikasi auto text http://ota.bbtran.com/list/fancychar).
    Kalau secara manual Agan bisa mengikuti cara berikut: Buka percakapan dengan contact > block dan copy simbol yang akan digunakan> tekan tombol menu ()> Edit Auto Text> tekan tombol menu ()>New> pada tab Replace buat kata kunci untuk mengeluarkan simbol > paste simbol yang akan digunakan pada tab With> Save. Untuk mengeluarkan simbol itu, gunakan kata kuncinya.
  5. Menyamar di BBM
    Buat isengin teman, Agan bisa menyamar jadi orang lain/jadi artis di BBM. Caranya: Simpan foto salah satu artis atau teman Agan (bisa diunduh lewat Google) di kartu memori. Buka My Profile> pilih kotak foto atau add foto> ganti foto profile Agan dengan foto artis atau teman tadi. Jangan lupa, ganti nama Agan sesuai foto artis yang agan download.
    Awas! Efek sampingnya, teman Agan bisa marah-marah karena kejailan Agan.
  6. Invite Teman dengan PIN
    Agan punya BBM? Gak sah kalau Agan gak invite teman-teman masuk daftar kontak. Caranya: Tekan tombol menu ()> Invite Contact > pilih “ Scan a persons barcode” > Continue > Scan Barcode yang ada di perangkat lain. Hadapkan kamera ke barcode BB teman yang akan diinvite.
  7. Invite Teman dengan Scan Barcode
    Selain dengan PIN, Agan juga bisa invite teman masuk ke kontak BBM dengan men-scan barcode. Caranya: Pilih menu ()> Invite Contact > pilih “ Scan a persons barcode” > Continue > Scan Barcode yang ada di perangkat lain. Hadapkan kamera ke barcode BB teman yang akan diinvite.
  8. Cara Memunculkan Barcode BBM
  9. Menambahkan Kontak Lewat SMS
    Agar bisa menambahkan kontak teman lewat pesan teks SMS yang otomatis akan tersimpan bersama kontak BBM lain. Caranya: Pilih menu ()> Invite Contact > pilih “ Enter an SMS contacts name or phone number”> masukan nomor telepon dan nama > Add Contact.
    Gunanya, Agan bisa berikim SMS lewat BlackBerry Messenger. Pulsa yang digunakan, yah tetap pulsa sms. Pesan yang masuk, juga tampilannya, mirip dengan BBM-an.
  10. Membuat Conference
    Mau ngobrolin rahasia Agan bareng teman? Tapi gak mau repot buat group chat? Undang teman masuk converence yang Agan buat. Caranya: Pilih menu ()> pilih invite to converence > pilih kontak teman agan yang akan di ajak converence. Converence ini tidak permanen karena akan bubar begitu anggota converence menutup percakapan. Fiturnya juga terbatas.
  11. Broadcast Message
    Ingin mengabarkan sesuatu ke lebih dari satu orang? Kalau satu-satu, jelas repot. Karena itu, gunakan saja Bradcast Message yang cukup dengan sekali sentuh, kabar tersebar ke banyak orang. Caranya: Pilih menu ()> pilih Broadcast Message > tulis pesan yang akan disampaikan > pilih atau centang contact yang akan dikirimi pesan (kalo Agan mau kirim ke semua kontak tinggal centang “all” ).
  12. Buat Status Message
    Gak cuma Facebook dan Twitter yang bisa buat update status. BBM juga bisa, meski ungkapannya tak bisa sepanjang kalimat di Facebook. Caranya: Buka My Profile > tulis status message > Save. Status Agan juga bisa dihiasi dengan emoticon yaitu dengan menekan tombol menu ()> add smileys.
  13. Mengirim Gambar ke Kontak
    Gak perlu ngabisin banyak pulsa buat ngirim gambar lewat MMS. Dengan BBM juga bisa ngirim gambar. Tapi hanya ke kontak teman BBM. Ini dia caranya: Pilih kontak yang agan mau kirimin gambar > Pilih menu ()>pilih menu Send > Send picture > pilih foto yang mau Agan kirim >Send
  14. Jangan takut kehilangan kontak teman-teman BBM agan. Backup aja. Ini caranya: Buka Aplikasi BBM > Pilih menu ()>Pilih Option > Pilih “back up”. Ada 2 mode untuk back up kontak BBM. Backup files remotely dan Backupfiles locally. Backup files remotely ialah back up kontak BBM agan dengan cara meregistrasikan akun email milik agan untuk dihubungkan secara otomatis ke server RIM. Sedang Backupfiles locally ialah menyimpan kontak di eksternal memori ponsel.
  15. Membuat Kategori Kontak
    Biar mempermudah pencarian kontak BBM, ada baiknya Agan membuat kategori kontak berdasarkan status teman. Seperti teman sekolah,keluarga, teman kantor, pacar. Caranya: Buka list kontak teman- teman agan > tekan menu ()>Add Category > beri nama kategori sesuai keinginan agan > Pilih kontak teman yang mau dimasukan kategori.
  16. Akses Kontak Secara Cepat dari Homescreen
    Ini juga salah satu cara mudah mengakses kontak, tanpa harus repot-repot masuk ke aplikasi BBM, kalau Agan mau mengirim pesan BBM. Caranya: Buka Aplikasi BBM > tentukan kontak yang akan dipilih > tekan
    menu ()>pilih Show In Home Screen.

    Untuk menghilangkannya pilih Remove From Home Screen. Ane saranin, jangan terlalu banyak mengeluarkan kontak karena homescreen akan terlihat penuh.
  17. Menyisipkan Emoticon Saat Chatting
    Untuk meng-ekspresikan emosi, pakai aja emoticon yang tersedia di BBM agan. Caranya: Saat chatting berlangsung > tekan tombol menu ()> Add Smiley > pilih Emoticon.

  18. Mengecek Kondisi Kejiwaan
    Ini adalah salah satu jurus rahasia dari Tabloid Pasar Ponsel buat Agan. Agar Blackberry Agan bisa mengecek kondisi kejiwaan seseorang. Caranya: Buka homescreen agan > tekan 4*3* > tempelkan Blackberry ke jidat orang yang akan di cek kondisinya > tekan huruf “P” > lihat hasilnya.
  19. PING!!! Contact
    Gak beda jauh dengan YM, BBM juga punya fitur BUZZ yang diberi nama PING!!! Untuk manggil teman agan. Saat chatting berlangsung > tekan tombol menu ()>Ping Contact
  20. Ganti Nama Kontak Teman
    Mencari kontak di BBM, lebih cepat dengan menekan huruf awal nama teman setelah membuka menu BBM. Nah, kalau temen Agan menggunakan huruf atau simbol yang aneh di awal namanya, jelas menyulitkan. Ganti saja dengan nama sebenarnya. Caranya: Buka menu ()>View Contact Profile, lalu ganti displai namenya.
  21. Mencuri Foto Profile Teman
    Apa ada di antara teman Agan yang punya foto profil lucu dan unik. Agan bisa mengambil fotonya sesuka hati agan dan menyimpannya di Blackberry. Ini caranya: Buka Aplikasi BBM > pilih kontak yang mau di ambil fotonya > buka profile kontak teman> klik foto profile teman> tekan tombol menu () > save image.
  22. Menghapus Kontak BBM
    Pilih kontak yang akan dihapus>tekan tombol menu ( ) > pilih Delete contact. Kalau Agan gak mau terima lagi invite dari teman yang akan didelete, ignore future invitation bisa di centang > lalu pilih delete. Temen Agan itu terdelete secara permanen.
  23. Mengaktifkan History Chatting / Percakapan
    Agar mau menyimpan semua hasil percakapan dengan teman di BBM? Tinggal aktifkan fitur ini. Buka Aplikasi BBM > Pilih menu ( ) >Option >Save message history > On >save

    Semua ringkasan chatting dengan teman Agan akan langsung disave di memori eksternal. Agan bisa membaca kembali dengan cara: Buka kontak teman>View Recent Message. Agan bisa pilih edisi kapan percakapan yang ingin dibaca kembali.
  24. Meng-copy Hasil Chatting / Percakapan
    Agan juga bisa men-copy semua hasil percakapan dan menyimpannya secara manual. Ini caranya: Buka Aplikasi BBM> buka percakapan agan dengan teman BBM > Pilih menu ( ) >pilih copy chat> paste ke tempat di mana mau ditempatkan.
  25. Meng-email Hasil Chatting / Percakapan
    Mau mengirim semua hasil percakapan Agan via email? Bisa kok, ini caranya: Buka Aplikasi BBM> buka percakapan dengan teman BBM > tekan tombol menu ( ) > pilih Email chat> Agan akan langsung di bawa ke aplikasi email> masukan alamat yang dituju> Send.
  26. Mengirim Gambar
    Biasanya mengirim gambar hanya bisa lewat bluetooth atau MMS. Kini dengan BBM Agan bisa mengirim gambar atau foto ke teman BBM. Caranya: Buka Aplikasi BBM> buka kontak teman yang agan mau kirimi > tekan tombol menu ( ) > send > send file > pilih gambar yang agan mau kirim > beri judul > Send.
  27. Mengirim File Musik, Video dan Dokumen
    Gak cuma gambar yang bisa Agan kirim. Musik, video dan dokumen juga bisa dikirim via BBM ke teman BBM. Caranya: Buka Aplikasi BBM> buka kontak teman yang agan mau kirimi > tekan tombol menu ( ) > Send > send file > pilih file yang agan mau kirim > beri judul > Send.
  28. Mengirim Lokasi Tempat
    Selain mengirim file, juga bisa mengirim lokasi di mana agan berada. Caranya: Buka Aplikasi BBM> buka kontak teman yang agan mau kirimi > tekan tombol menu ( ) > send > Send location.
  29. Mengirim Pesan Suara
    Agan capek ngetik pesan BBM? Agan bisa membuat pesan suara. Cukup membantu saat nyopir jadi gak repot ngetik pesan. Caranya: Buka Aplikasi BBM> buka kontak yang agan akan kirim pesan suara >
    Tekan menu ( ) > send voice note > start / record suara > send
  30. Mengganti Tampilan Percakapan di Kontak
    Tampilan chatting Agan terlihat biasa? Atau bosan dengan tampilan yang begitu-begitu aja? Agan bisa menggantinya dengan cara: Buka Aplikasi BBM> Tekan menu ( ) > pilih Option> pada kolom chat pilih conversation style> Ada tiga pilihan tampilan seperti bubbles, stripes, standard.
  31. Menghilangkan Ikon Notifikasi BBM Nyangkut di Homescreen
    Pasti kesal kalau ada ikon BBM di homescreen. Tapi cuma bohongan dan ternyata gak ada BBM yang masuk. Ada beberapa cara menghilangkannya:
    Cara pertama:
    Hapuskan semua “ignored contacts” di contact list BBM dengan cara: Buka aplikasi BBM > Tekan menu ( ) > pilih option > pilih Ignored Contacts > lalu pilih Edit > centang semua contacts PIN > pilih “OK” > restart Blackberry Agan. Bagi yang tidak pernah ignore contact, tidak akan ketemu option tersebut, abaikan langkah ini. Cara kedua:
    Matikan BlackBerry dan cabut baterai, lepaskan kartu sim. Setelah itu pasang kembali baterai agan tanpa kartu sim. Biarkan BlackBerry loading tanpa kartu sim. Kini buka aplikasi BlackBerry Messenger dan akan keliatan apa penyebab nyangkutnya pesan BBM yang tidak keliatan itu.
  32. Perlihatkan Lagu yang Agan Mainkan
    Capek nulis status? Agan bisa otomatis meng-update status BBM tanpa repot-repot nulis di status message. Dengan mengaktifkan fitur “show what im listening to” otomatis akan memperlihatkan musik atau video apa yang sedang Agan putar. Buka Aplikasi BBM> Pilih menu ( )>My profile > centang “show what im listening to” > Save
  33. Ganti Ringtone BBM
    Agan mau membedakan ringtone BBM dengn aplikasi lainnya? Ikuti cara ini. Buka fitur menu sound yang ada di list menu> edit profile> pilih profile yang agan gunakan > instant messaging > Blackberry new Message > setting semuanya sesuai keinginan agan > save.
  34. Membuat Group Chat
    Ingin ngobrol atau diskusi dengan teman kantor atau teman tertentu bersama lima orang atau lebih? Agan bisa membuat group chat yang tidak hanya untuk chatting, tapi juga men-share gambar, membuat list aktivitas, dan membuat jadwal pertemuan di group kalendar, sesuai keinginan. Caranya: Buka Aplikasi BBM> Pilih menu ( )> Create new group> beri nama group> create group.
  35. Invite Contact Masuk GroupUndang semua teman buat gabung di group biar bisa ngobrol bareng dan melakukan aktivitas lain. Caranya: Buka Aplikasi BBM> buka group yang sudah dibuat> Group activity> Members > Invite A new member> pilih mode invite dengan PIN, scan barcode atau dengan memilih kontak yang ada di list BBM.
  36. Share Gambar di Group
    Agan punya gambar yang unik dan lucu buat dikomentarin? Share aja di group BBM agar bisa dinikmati anggota group. Caranya: Buka Aplikasi BBM> buka group yang sudah dibuat> Group activity > Pictures> share picture> pilih gambar yang mau agan share di group> send
  37. Meninggalkan / Menghapus Group BBM
    Bosan dengan group di BBM? Mau ditinggalkan? Atau Agan mau menghapus group BBM di Blackberry? Ini caranya: Buka Aplikasi BBM > Buka group yang akan dihapus > klik tombol menu ( ) > leave group
    Kalau mau masuk lagi di group, pastikan teman Agan mengundang masuk kembali ke group BBM.
  38. Melihat Profile Group
    Agan mau melihat profile atau menyetting group yang Agan buat atau agan masuki? Ini caranya. Buka Aplikasi BBM > Buka group > klik tombol menu ( ) > Group Details
  39. Agar BBM Group Chat Tidak Lemot
    Biasanya setelah gabung di Group Chat BBM, Blackberry kadang menjadi lemot atau hang. Apalagi kalau ditambah dengan ikut di banyak Group Chat. Nah, Ane ada beberapa trik, agar BBM agan gak lemot.

    Pertama, nonaktifkan Display Music Updates. Display musik update adalah history dari teman dikontak Agan yang mengaktifkan fitur Show Music Update pada status.
    Buka Aplikasi BBM> klik tombol menu ( ) > pilih Option > Show Recent Updates> None> untuk Group Recent Updates From Same Contact/Group dan Display Music Updates From Contacts tidak usah di centang kolomnya> Save.

    Kedua, nonaktifkan chatting History. Ini adalah salah satu fitur yang membantu Agan melihat percakapan group, tapi fitur ini juga yang bisa menghabiskan memori telepon yang secara otomatis membuat BBM lemot. Cara menonaktifkan: Buka Aplikasi BBM > buka group agan > klik tombol menu ( ) > cari dan pilih Group Details> set kolom save message history jadi off>Save

    Ketiga, menonaktifkan Save Picture. Di group BBM Agan bisa share gambar, foto dan dikomentari bersama anggota group. Semua gambar di group otomatis disimpan di Blackberry. Setting fitur ini agar BBM tidak lemot. Caranya: Buka Aplikasi BBM > buka group agan > klik tombol menu ( ) > cari dan pilih Group Details> set kolom save picture menjadi Media card jika tetap ingin menyimpan semua gambar di memori eksternal atau set kolom save picture menjadi Off kalau tidak ingin menyimpan gambar yang dishare. Gambar akan otomatis terhapus setelah dishare.
  40. Mengganti Ringtone Group BBM
    Ringtone group BBM bisa dibuat berbeda dengan ringtone kontak biasa. Caranya: Buka fitur menu sound yang ada di list menu> Edit Profile> pilih profile yang agan gunakan> instant messaging> Blackberry Messenger Groups> setting semuanya sesuai keinginan> Save.

Komentar

Postingan Populer