Membuat Domain Gratis Dan Cara Menghubungkan / Memasangnya Ke Blogger

Membuat Domain Gratis Dan Cara Menghubungkan / Memasangnya Ke Blogger 
ikuti langkah - langkah dibawah ini

Apa manfaat memasang domain TLD?

◾ Alamat blog sobat jadi lebih pendek
◾ Pastinya jadi lebih mudah diingat
◾Lebih terlihat profesional dan tidak pasaran
◾Sobat bakalan lebih serius dalam mengurus blog sobat
◾Suatu saat bisa dipindahkan ke WordPress tanpa harus kehilangan pengunjung
dan lain-lain.

Baca juga: Cara Mengganti Template Blogger Dengan HP

Pada umumnya jika ingin memasang domain self hosting atau top level domain teman-teman harus membayar untuk bisa memasangnya. Jika teman-teman ingin memasang Domain TLD secara gratis tanpa harus membayar sepesrepun maka teman-teman bisa memilih cara alternatif dengan mengunjungi situs freenom.com. Disitu sobat bisa mendapatkan domain gratis dengan akhiran ( .ga, .tk, .cf dan .ml ) untuk .com tidak gratis :v

Kelebihan memilih domain pada freenom yaitu:

Menghubungkan / memasang domain freenom ke blogspot tergolong mudah, karena freenom mempunyai kecepatan update DNS Server tercepat dibandingkan penyedia layanan hosting dan domain yang ada di Indonesia. Mungkin dalam waktu 2-5 menit domain freenom sudah bisa digunakan, sedangkan layanan di Indonesia membutuhkan kurun waktu 1-5 Jam bahkan lebih untuk menghubungkan domain mereka ke blogspot.

Cara mendapatkan / mendaftar domain gratis pada freenom


1. Masuk ke freenom.com, pada halaman awal ketik nama domain sesuai yang kita inginkan.  "Contoh: saya mendaftarkan nama domain dengan nama klikaja selanjutnya klik > Cek Ketersediaan


2. nah.. maka setelah klik cek ketersediaan, maka akan tersedia domain dengan akihran .tk  .ga .cf  dll. Sebagai contoh saya memilih domain dengan akhiran .tk maka akan menjadi nama domain klikaja.tk.

3. Jika sudah memilih nama domain sesuai yang kita inginkan, kemudian klik > Dapatkan domain sekarang Maka otomatis domain tersebut sudah masuk dalam keranjang pemesan. Langkah selanjutnya klik pemeriksaan. (lihat gambar di bawah)

4.Langkah selnanjutnya, kita akan memilih berapa lama kita akan mengaktifkan domain gratis tersebut. Kita pilih saja yang 12 bulan, kemudian klik Continue.

5. Setelah itu isikan data lengkap berupa alamat tempat tinggal, alamat email dan sebagainya, kemudian centang pada bagian
I have read and agree to the terms & conditions. Lalu klik  Complete OrderDan selesai sudah pendaftaran domain gratis Selanjutnya tinggal kita pasang / hubungkan ke blogger.

Artikel Lainnya: Teknik Mengolah Dan Menempatakan Kata Kunci (Keyword) Agar Lebih Seo



Cara memasang / menghubungkan domain ke blogger


1. Pertama-tama tentu saja kalian harus log in ke blogger, kemudian pada dasbhoard blooger klik Setelan Dasar.
Lalu klik +Siapkan URL Pihak ke-3Disitu lalu masukan domain yang sudah kita daftarkan dari freenom, lalu klik simpan. Jangan kaget / heran jika terjadi error. Catat baik-baik sperti pada bagian yang saya kurung (lihat gambar dibawah)


2. Jika code tersebut sudah di catat, langkah selanjutnya memindahkan code tersebut ke domain baru kita. Cara memindahkan code tersebut kita harus masuk ke freenom, lalu scroll ke bawah kemudian klik My Domains

Lalu klik Manage Domains > Manage Freenom DNS

Untuk Type pilih CNAME, TTL tidak perlu diubah. Kemudian target isi sesuai target Host Name seperti gambar dibawah

3. Setelah itu, masukkan Record IP Google. IP Google sebagai berikut:
216.239.32.21
216.239.34.21
216.239.36.21
216.239.38.21
Masukan IP tersebut pada kolom target dengan Type = A. Seperti gambar dibawah ini


4. Selanjutnya Klik simpan, jika semua sudah dimasukan dengan benar, maka akan ada notifikasi tulisan berwarna hijau seperti yang terdapat pada gambar dibawah ini

5. Selanjutnya kembali ke blogger, setelah setelan sudah selesai, dan tunggu hingga 2-5 menit. Lalu simpan perubahan domain. Jika masih error, tunggu beberapa menit, kemudian simpan lagi.



6. Jika domain sudah berubah, selanjutnya edit kembali domain pihak ke-3 dan centang Alihkan domain kamu,  misal klikaja.tk ke www.teamdestroyerd.tk. ini bertujuan agar ketika seseorang mengakses tanpa www dibagian depan, maka secara otomatis akan langsung direct ke www. Lalu simpan lagi.



semoga bisa membantu anda semua 


Komentar

Postingan Populer